Jumat, 27 April 2018

Ibu Hamil, Sebaiknya Konsumsi Buah ini Jika Ingin ASI..

Untuk menjaga kualitas ASI bagi si buah hati. Salah satu sumber makanan yang bergizi tinggi adalah buah-buahan. Buah tinggi kandungan antioksidan, vitamin dan mineral, serta serat yang penting untuk tubuh. Selain itu, beberapa jenis buah juga mengandung asam folat.

Oleh karena itu, penting untuk makan buah segar yang tepat semasa menyusui si kecil. Berikut beberapa pilihan buah untuk ibu menyusui yang terbaik.


Macam - Macam Buah Yang Baik Untuk Menjaga ASI Ibu
  • Alpukat
Keluhan umum ibu menyusui adalah bahwa mereka sering sangat lapar karena meningkatnya kebutuhan akan menyusui dan hanya memiliki sedikit waktu untuk persiapan dan makan.

Alpukat kaya akan asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Anda pun bisa merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan tersebut sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh dan membantu Anda memproduksi ASI lebih banyak.
  • Pisang
Pisang membantu Anda menggantikan kalori yang hilang saat menyusui si kecil. Pisang juga mengandung vitamin B6 dan asam folat yang tinggi.

Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah bayi, memecah protein, lemak, dan karbohidrat, dan dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal.

Sementara itu, asam folat membantu perkembangan otak yang sehat dari otak bayi dan sumsum tulang belakang. Ini juga diperlukan untuk membentuk sel darah merah dan sel darah putih.
  • Pepaya Hijau
Pepaya hijau adalah salah satu sumber galactagogue terbaik, yang mampu melancarkan ASI. Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi susu dan juga memberi Anda vitamin penting seperti vitamin A, B, C, dan E.
  • Stroberi 
Stroberi juga termasuk buah untuk ibu menyusui yang baik. Stroberi mengandung zat besi yang tinggi dan berbagai vitamin seperti vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

Jika Anda alergi terhadap stroberi atau orang di rumah memiliki riwayat alergi stroberi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya. Alergen juga dapat memengaruhi si kecil melalui ASI Anda.
  • Jeruk 
Jeruk adalah buah untuk ibu menyusui yang baik untuk menambah tenaga. Buah tinggi vitamin C ini sangat baik untuk ibu menyusui, karena Anda membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan ibu hamil.

Vitamin C berfungsi dalam pembentukan tulang, gigi dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi yang baru lahir. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menysuui.

Ulasan
Seorang Ibu menyusui membutuhkan asupan kalori tambahan, bahkan lebih besar daripada ibu hamil. Jika selama ini Anda mengira bahwa setelah melahirkan Anda dapat mengurangi asupan kalori Anda, maka Anda salah karena justru Anda harus lebih banyak makan. Saat menyusui, Anda membutuhkan tambahan kalori karena Anda harus memproduksi ASI untuk bayi Anda. Sebaiknya, jangan batasi asupan makan Anda.

Jangan khawatir terhadap berat badan Anda, karena pemberian ASI eksklusif sebenarnya dapat membantu Anda mendapatkan berat badan Anda semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspadalah Jangan Sepelekan Terhadap Gejala Keputihan

Keputihan dapat disebabkan oleh proses normal tubuh maupun oleh infeksi. Keputihan akibat infeksi paling sering disebabkan oleh tiga jenis...